Rabu, 16 November 2016

Wisata Benteng Van Der Wijck, Benteng Menakjubkan di Kebumen.

 Wah wisata benteng apa lagi ini? kok bisa sampai di katakan sebuah benteng yang menakjubkan? keistimewaannya apa yaa? terus lokasinya dimana?
Berada di utara Gombong yang berjarak 4km. Atau jika dari pusat kabupaten kebumen sekitar 35 ke arah barat. Untuk menuju Lokasi Wisata Benteng Van Der Wijck yang berada di Jl. Sapta Marga Gombong Kebumen ini termasuk sangat mudah di jangkau menggunakan kendaraan pribadi ataupun angkutan kota yang ada di sekitar.
Wisata Benteng Van Der Wijck sendiri merupakan salah satu wisata andalan yang ada di Kebumen selain pantai ayah dan pantai menganti. Wisata Benteng Van Der Wijck didirikan pada tahun 1818 yang di prarkasai oleh Jendral Van den Bosh ini memiliki luas benteng sebesar 3606.625m2 dengan tinggi benteng sekitar 9.67m.
Menurut sejarah Wisata Benteng Van Der Wijck ini di bangun sebagai benteng pertahanan Belanda di bekas kantor kongsi dagang VOC yang berada di Gombong yang di persiapkan untuk melawan Kesultanan Yogyakarta. Benteng ini di bangun sekama 4 tahun, dan saat setelah berdiri kemudian benteng ini di beri nama Fort Cochius/ Fort General Cochius yang merupakan nama dari komandan perang di Hindia belanda yang memimpin Belanda di Gombong pada saat masa perang Diponegoro pada tahun 1825-1830.
Arsiterktur Benteng Van Der Wijck Kebumen ini berbentuk segi delapan dengan luas permukaan 7168 m2 dengan tebal dinding 1.4m. Struktur banteng sendiri terdiri dari 2 lantai . Lantai yang pertama memiliki 4 pintu masuk dan 16 kamar yang sangat besar dan terdiri dari 72 jendela, 63 pintu penghubung dan pintu keluar dan 8 tangga untuk mencapai di lantai 2 bangunan benteng ini. Sedangkan pada lantai 2 Benteng Van Der Wijck ini memilii 70 pintu penghubung, 84 jendela dan 16 kamar yang ukurannya tergolong besar.
Namun pada tahun 1856 benteng Fort Cochius (Benteng Van Der Wijck)  berubah menjadi Pupillenschool (Sekolah Taruna Militer) khusus anak anak eropa yang lahi di Hindia Belanda (Indonesia). Dan setelah itu barulah nama benteng Fort Cochius berubah nama menjadi Benteng Van Der Wijck sebagai bentuk penghormatan kepada Van Der Wijck atas jasanya pada pemerintah Belanda dalam bidang kemiliteran.
Jika ingin berwisata di Benteng Van Der Wijck tidak perlu juga mengeluarkan biaya yang cukup besar, hanya dengan Rp. 8.000(harga dapat berubah sewaktu-waktu) anda bisa masuk ke dalam bventeng ini. Disini para penelusur bisa menikmati keindahan benteng atau jika para penelusur membawa anak-anak bisa juga utuk di ajak bermain di arena bermain anak-anak seperti kereta keliling yang berada di lantai 2 bangunan benteng, kolam renang, taman bermain dan bola air. JIka para penelusur ingin menginap bisa juga lho. Dengan biaya Rp. 150.000-200.00 para penelusur bisa menginap di lokasi ini.

Wisata Benteng Van Der Wijck
 Benteng Van Der Wijck
Wisata Benteng Van Der Wijck
 Benteng Van Der Wijck
Wisata Benteng Van Der Wijck
Benteng Van Der Wijck
Wisata Benteng Van Der Wijck
 Benteng Van Der Wijck
Wisata Benteng Van Der Wijck
 Benteng Van Der Wijck
Wisata Benteng Van Der Wijck
 Benteng Van Der Wijck

0 komentar:

Posting Komentar